Matematika Bisa Atasi Kemacetan Lalu Lintas!

JAKARTA, Dengan rumus Matematika, Wisnu Jatmiko, peneliti UI, menemukan cara mengoptimalkan pengaturan lampu lalu lintas untuk mengurangi kemacetan akibat masih ada kerja lampu lalu lintas yang belum optimal.

‘Kuramoto Model’, nama temuan Wisnu tersebut, merupakan sistem Matematika alogaritma. Dipamerkan di JJC sejak hari ini, Kamis (25/6), temuan Wisnu itu merupakan satu dari delapan hasil penelitian dari para peneliti UI lainnya yang dipamerkan.

“Ini merupakan sistem Matematika berbasiskan teknologi komputer yang kita harapkan bisa mengoptimalkan kerja lampu lalu lintas karena metodanya yang mampu mengkordinasikan pengaturan nyala lampu,” ujar Wisnu, yang juga Manajer Riset di Fakultas Ilmu Komputer UI ini, di Jakarta, Kamis, (25/6).

Memakai metode ini, Wisnu bisa menganalisa, bahwa lampu lalu lintas dapat terkordinasi tidak hanya pada satu terminal lampu dan arah saja, melainkan juga empat sekaligus. Untuk itulah, bekerjasama dengan pihak kepolisian lalu lintas Polda Metro Jaya, Wisnu berharap, metode ini bisa mengurangi keruwetan macet Jakarta yang kadang bisa ditimbulkan oleh kerja lampu merah yang seringkali tidak optimal.(Kompas)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: